Laman

Senin, 10 September 2012

Mega Event Spider-Man, the Clone Saga Twist

Image From http://nerdbastards.com
Bayangkan jika kamu di clone oleh dosen biologimu yang cemburu karena pacarmu mati di depanmu disebabkan kesalahanmu. Dan clone tersebut kamu yakini telah lama mati, namun setelah 5 tahun ternyata clone itu hidup dan tiba-tiba datang ke kehidupanmu karena kuatir kepada bibimu yang sakit dan hampir meninggal (akhirnya sang bibi meninggal, walau ternyata yang meninggal itu adalah aktor yang dibayar oleh musuh bebuyutanmu saat bibimu yang asli disekap olehnya), bukan hanya itu, clone tersebut meng-klaim bahwa kamulah clone sebenarnya. Setelah melakukan beberapa tes malah semakin menguatkan kalau kamu sebenarnya hanyalah clone, sedangkan kamu dalam kondisi menantikan kelahiran anak dari pernikahanmu. Di saat kamu bingung, kamu menemukan fakta bahwa semua kejadian ini direncanakan oleh musuh bebuyutanmu yang telah membunuh mantan pacarmu yang tidak lain adalah ayah dari sahabat terbaikmu sendiri, dan saat semuanya terkuak kamu melihat lagi fakta mengejutkan bahwa kamulah yang asli dengan kematian dari clone-mu itu sendiri.

itulah gambaran dari event clone saga yang menjadi event paling membingungkan dan paling panjang di dunia Spider-Man, kalau di runtut semuanya bakal panjang event ini, ratusan komik, namun Marvel dengan bijak menerbitkan mini seri yang terdiri dari 6 jilid atas inti cerita dari Clone Saga (walo detil-detil kecil banyak berbeda dari seial aslinya). Atas Clone Saga ini dan mini seri komiknya akan lebih detil saya jelaskan di post ini.

Secara keseluruhan event-event penting di Clona Saga versi Aldhitar (Spoiler Alert!!) yaitu:
Web of Spider-Man #117Web of Spider-Man #118Web of Spider-Man #122
Amazing Spider-Man #399Spider-Man #56Spectacular Spider-Man #222
Cerita dimulai saat Sang Clone (untuk selanjutnya sebut saja Ben) datang ke rumah sakit dimana Bibi May dirawat [WEB#117] dan bertemu dengan peter Parker. Peter kaget dengan Ben yang seharusnya sudah mati 5 tahun yang lalu, mereka sempat berselisih, namun saat Peter sedang dalam masalah, Ben datang menolong. Sejak pertemuan pertama itu Ben mengilang dan membuat kostum baru sebagai Scarlet Spider [WEB#118]. Setelah beberapa waktu Ben dan Peter menemukan tempat persembunyian Jackal [WEB#122], dan menemukan fakta bahwa ada kemungkinan Ben dan Peter adalah clone [ASM#399]. Saat semuanya semakin membingungkan clone dari Gwen Stacy muncul [SM#56] dan Jackal mengambil kesempatan itu untuk meyakinkan Ben bahwa sebenarnya bukan Clone. Sementara itu, Clone ketiga Pater terbangun, namun clone yang ini tidak memiliki ingatan Peter maupun tujuan yang jelas [SPEC#222]. Setelah beberapa pertarungan, Peter dan Ben mengalahkan Jackal dan memasukkanya di dalam penjara [WEB#123]. Beberapa saat setelah itu Bibi May sadar [ASM#400], dan setelah pulang ke rumah dia mengatakan bahwa selama ini dia tahu kalau Peter adalah Spider-Man, tak lama Bibi May-pun meninggal.
Web of Spider-Man #123Amazing Spider-Man #400Spider-Man #57
Spectacular Spider-Man #224Spectacular Spider-Man #226Spider-Man Maximum Clonage Alpha
Setelah Bibi May meninggal, Peter ditangkap karena pembunuhan di Utah setahun yang lalu [SM#57]. Ben merasa bertanggung jawab dan pergi ke penjara untuk menggantikan Peter dan memberinya kostum Scarlet Spider agar Peter bisa kabur [SPEC#224]. Peter lalu mencari bukti bahwa dia tidak bersalah, ternyata Kaine (yang merupakan Clone lain Peter) yeng bertanggung jawab atas pembunuhan itu (untuk kejadian yang terjadi di Utah lihat LOST YEARS#1-4 pada artikel Ben Reilly Origin). Kaine lalu mengakui kejahatanya dan dibawa ke penjara, sedangkan Peter-pun bebas [SPEC#226]. Di issue yang sama Ben dan Peter mencari tahu tentang siapakah yang clone dan siapakah yang asli dengan bantuan teman Ben bernama Seward, dari hasil tes ditemukan bahwa Ben yang asli. Peter menjadi marah dan tidak sengaja menyakiti Mary Jane, lalu Peter lari. Dalam pelarianya Peter bergabung dengan Jackal dan clone ketiga Peter (yang pada SPEC#222 bangkit) yang diberi nama Spidercide [MAXIMUM CLONAGE ALPHA]. Ben menemui Peter [ASM#404] dan bersama Kaine melawan sekumpulan clone Spider-Man [SM#61 & SPEC#227] untuk menyadarkan Peter. Jackal, Spicercide, dan Kaine mati dalam kejadian itu [MAXIMUM CLONAGE OMEGA].
Amazing Spider-Man #404Spider-Man #61Spectacular Spider-Man #227
Spider-Man Maximum Clonage OmegaSpectacular Spider-Man #229The Sensational Spider-Man #0
Dengan kehamilan Mary Jane, Peter memutuskan untuk pensiun sebagai Spider-Man. Lalu Peter dan Mary Jane pindah ke West Coast [SPEC#229]. Ben melanjutkan alter ego-nya sebagai Scarlet Spider untuk beberapa waktu, namun sepak terjangnya dirusak oleh seorang peniru yang membuat nama Scarlet Spider buruk, lalu dia menjadi New Spider-Man untuk menggantikan Peter yang telah pensiun sebagai Spider-Man [SEN#0]. Sementara itu, Peter kehilangan kekuatanya pada kecelakaan di tempatnya bekerja [FINAL ADVENTURE#1-4]. Karena suatu kejadian Peter sakit dan meninggal [SM#71 & SPEC#237], tapi ternyata itu adalah momen dimana kekuatannya kembali.
Spider-Man - Final Adventure 01 of 04Spider-Man - Final Adventure 02 of 04Spider-Man - Final Adventure 03 of 04
Spider-Man - Final Adventure 04 of 04Spider-Man #71Spectacular Spider-Man #237
Sementara itu teman Ben, Seward, diculik oleh orang tak dikenal, namun berhasil melarikan diri. Seward berusaha memberi tahu Peter dan Ben tentang hasil tes yang salah, namun sebelum menemui Peter atau Ben dia dibunuh oleh anak buah dari orang dibalik semua kejadian ini (Sang mastermind) [SPEC#240]. Saat Mary Jane menemui sahabatnya di kafe, seorang pelayan, yang merupakan anak buah Sang Mastermind, meracuni Mary Jane dan membuatnya melahirkan secara prematur [SEN#11]. Mary Jane dilarikan ke rumah sakit dan ditangani oleh dokter yang ternyata juga anak buah Sang Mastermind. Dokter menyatakan bahwa anak Mary Jane dan Parker gagal lahir [ASM#418]. Saat Peter tiba di rumah sakit, sang dokter membuatnya tak sadar dan membawanya ke Sang mastermind yang ternyata dalah Norman Osborn [SM#75]. Mereka lalu bertarung, dan di akhir pertarungan Ben menjadi korban, sedangkan Norman juga mati (lagi). Saat akan mati, tubuh Ben mulai meluruh, itu membuktikan bahwa Ben adalah Clone, dan Peter membawa lari tubuhnya supaya tidak terlihat orang lain.
Spectacular Spider-Man #240The Sensational Spider-Man #11Amazing Spider-Man #418
Spider-Man #75
Seperti yang saya bahas di atas, Mega Event membingungkan ini sempat dibuat ulang oleh Marvel dengan mencantumkan inti-inti dari Clone Saga ini dan memberikan tambahan-tambahan yang dirasa perlu dalam cerita ini. Bisa dibilang Mini Seri ini adalah versi alternatif dari Event Clone Saga Spider-Man. Saya tidak akan menceritakan keseluruhan cerita dalam mini seri ini, namun akan memberikan pembedanya dari event sebenarnya. Pembeda pertama adalah dalam Mini Seri ini yaitu anak Peter dan Mary Jane berhasil lahir, dan Bibi May dan Ben tidak meninggal, bisa dibilang akan ada happy ending di Mini Seri ini. Bibi May sakit dikarenakan virus yang disiapkan Sang Mastermind, dan di Mini Seri ini Mary Jane juga terjangkit virus tersebut. Sang Mastermind dalam Mini Seri ini adalah Harry Osborn, bukan Norman Osborn, Harry akan menjadi Goblin untuk membalaskan dendamnya kepada Peter sang Spider-Man, dan Harry akan menghidupkan lagi ayahnya yang sudah mati (Membuat clone Ayahnya dengan teknologi Jackal). Di Mini Seri ini tidak ada yang namanya Spidercide, dan pembeda terakhir adalah adanya momen Peter Ben beraksi bersama dalam kostum Spider-Man miliknya masing-masing.
Spider-Man - The Clone Saga 01 of 06Spider-Man - The Clone Saga 02 of 06Spider-Man - The Clone Saga 03 of 06
Spider-Man - The Clone Saga 04 of 06Spider-Man - The Clone Saga 05 of 06Spider-Man - The Clone Saga 06 of 06
Spider-Man - The Osborn Journal

 Sebenarnya membaca event Clone Saga (yang original) ini tidak akan lengkap tanpa membaca "The Osborn Journal" yang menceritakan bagaimana Norman Osborn bisa hidup dan merencanakan semua ini. Tapi menurut saya dengan adanya hal itu malah membuat event ini "fail" di mata saya.

Secara umum event ini menarik, kalau saja tidak terlalu panjang dan diapaksakan oleh Marvel itu sendiri (Soalnya pas event berlangsung kabarnya popularitas Spider-Man sempet turun). Menurut saya juga 6 mini seri ini cukup memperjelas (walopun tetep bingung) dari event Clone Saga ini, dan "Mega Twist" Clone Saga ini tetap memberikan kesan padaku yang mengagumi Ben Reilly sang (First) Scarlet Spider.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar